Tuesday, March 24, 2009

KAYU JATI PRIMADONA INTERIOR

Black In News. Ukiran jati masih tetap diminati, meski tren furnitur terus berkembang. Furniture berbahan kayu jati dengan pemanis ukir-ukiran masih banyak peminatnya. Walaupun mengisi interior dengan furnitur kayu jati relatif lebih mahal. Toh masih banyak orang-orang rela merogoh koceknya dalam-dalam demi memenuhi selera interior mereka.
Perabot kayu jati memang memunculkan kesan mewah, elegan dan unik. Beberapa macam pilihan pernik-pernik furnitur seperti meja, kursi, lemari hingga meja makan banyak ditawarkan di pasar mebel atau toko-toko furniture etnik.
Banyak orang yang memilih desain furnitur etnik dengan ukiran khas, dengan cara memesan secara khusus. Trend ini ditangkap oleh para pengusaha mebel dengan melayani model eksklusif. Terobosan ini sukses mendongkrak bisnis mebel.
Terdapat beragam jenis kayu yang bisa digunakan membuat perabotan, mulai dari merbau, jati, kamper, bengkirai, dan masih banyak lagi. Untuk memilih perabotan yang berkualitas, harus bisa membedakan kayu yang tua dan muda.
Tak sedikit mebel berbahan kayu daur ulang. Kayu dari bekas rumah jawa kuno, dibongkar dan dimanfaatkan lagi untuk material mebel. Biasanya, jika kayu daur ulang ini kondisinya masih utuh, justru kualitasnya bagus.
Kayu jati yang bagus disebut dengan kayu jati super kualitas nomor 1, 2 dan 3. Umur kayu jati sangat mempengaruhi tampilan furnitur yang dihasilkan. Semakin tua semakin bagus kualitasnya. Kualitas kayu jati ditentukan berdasarkan diameter lingkaran pohonnya.
Untuk melihat kualitas kayu tersebut tersebut, yaitu dari belahan dalam jika dipotong secara horizontal yang kemudian dapat dilihat lingkaran garis-garis yang menunjukan usia dari kayu tersebut. Biasanya jika umur kayu tersebut tergolong tua, akan keluar platinanya. platina adalah semacam minyak yang keluar dari dalam kayu yang berfungsi menjaga lapisan dari kayu tersebut.
Ada juga trik untuk membuat tampilan kayu mewah dan awet yaitu dengan cara melapisinya dengan cairan ambalo. Dengan menggunakan ambalo, perabotan kayu jadi lebih mewah dan berwarna gelap dibandingkan menggunakan lapisan buatan.
Seiring perkembangan waktu, lapisan buatan cenderung dipilih untuk mengkilapkan produk tersebut. Salah satunya dengan menggunakan melamin. Meski relatif lebih mahal, melamin dapat mengkilapkan dan membuat furnitur lebih tahan lama.
Cara merawat funiture bermaterial kayu sangatlah mudah, yaitu dengan rajin membersihkan debu di permukaannya. Walaupun untuk beberapa jenis kayu membutuhkan perawatan khusus. Bila lapisan minyak atau platina sudah pudar, dapat diantisipasi dengan cara menggosok kemudian melapisinya dengan sirlak.

2 comments:

  1. back to nature. memang furniture dari kayu sangat mempesona dan nyaman digunakan. terlebih lagi elegan bo...

    ReplyDelete
  2. trus semakin tua semakin ok yaa...^^

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar dengan benar, jujur dan sopan