Friday, March 6, 2009

REMAJA LEBIH FUTURISTIK

Black in news. MIT (Massachusetts Institute of Technology) telah melakukan penelitian yang melibatkan 500 remaja dan 1.030 orang dewasa, ternyata ekspektasi teknologi masa depan antara kaum remaja dan orang dewasa sangat jauh berbeda.
Untuk bidang otomotif, sebanyak 33% remaja yang dijadikan penelitian memprediksikan bahwa pada tahun 2015 mobil dengan bahan bakar BBM tidak akan digunakan lagi. Sedangakan untuk orang dewasa yang berpendapat sama hanya 16% saja.

Para remaja sebanyak 22% memprediksi dalam jangka waktu 10 tahun lagi untuk PC (Personal Computer) tidak lagi digunakan alias menjadi barang usang. Anggapan tersebut hanya disetujui oleh orang dewasa sebanyak 10%.
Hal ini bukan berarti bahwa orang dewasa tidak memiliki ekspektasi yang berkaitan dengan kemajuan teknologi. Hal ini dibuktikan sebanyak 45% orang dewasa memprediksikan bahwa pada tahun 2015 untuk saluran telepon sudah tidak menggunakan kabel. Sedangkan anak remaja yang berprediksi sama hanya sebanyak 17%.
Tapi uniknya, para remaja sebanyak 91% beranggapan bahwa inovasi baru di tahun 2015 nanti mampu menangani permasalahan air bersih di seluruh dunia, 89% remaja beranggapan di tahun 2015 nanti kelaparan dapat teratasi, untuk penanganan penyakit secara menyeluruh sebanyak 88% remaja beranggapan bahwa segala penyakit dapat diatasi dan untuk penanganan polusi global sebanyak 84% anak remaja beranggapan dapat teratasi. Meskipun hanya sebanyak 77% orang dewasa mengakui bahwa peran teknologi sangatlah penting, namun mereka tidak yakin akan inovasi dimasa depan mampu mengatasi masalah kelaparan secara global.
Merton Flemings, ilmuan yang menjadi pemimpin dalam proyek penelitian ini mengaku sangat terkejut dengan hasil analisis survei yang mereka lakukan. Flemings tidak pernah mengira kalau para remaja sangat yakin bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat menjadi jalan keluar dalam mengatasi berbagai masalah di masa depan.

1 comment:

Silahkan anda berkomentar dengan benar, jujur dan sopan