Wednesday, March 4, 2009

SEPAK BOLA INDONESIA BELUM SPORTIF

Mental para insani sepak bola Indonesia harus di benahi secara serius. Bagiamana tidak, meski setiap tahun selalu diingatkan agar tidak melakukan aksi-aksi brutal di lapangan, masih saja pesan moral itu tidak di indahkan. Salah satu sikap yang paling menonjol adalah sikap tidak bisa menerima kekalahan. Ini sunggu-sungguh sikap yang memprihatinkan, sebab seharusnya dalam ajang pertandingan olah raga, menang atau kalah itu hal yang lumrah.
Namun faktanya ketika melihat pertandingan sepakbola masih saja disuguhi dengan peristiwa-peristiwa memalukan yang tidak pantas. Ada saja yang sering berperilaku buruk di lakukan baik oleh pemain atau penonton, seperti memukul lawan main atau memukul wasit, penonton melempari pemain atau wasit, suporter saling adu jotos dengan suporter lain, penonton merusak arena sekeliling lapangan, dan masih banyak lagi tindakan-tindakan brutal yang bisa dilihat ketika emosional tidak bisa diredam. "Piye arep berkembang pemain-pemain lokal Indonesia nek kalah ra gelem ngakoni nek kalah, yo nek kalah ki dengan lapang dada mengakui terus luih sregep meneh le latihan ben nek tanding meneh iso menang. Mosok tanding balbalan sing maju tangane, nek tanding sing maju tangane kudune ora melu tanding balbalan tapi tanding tinju".

2 comments:

  1. Marilah kita jaga sportifitas dalam sepak bola indonesia....! mana mungkin indonesia bisa menjadi tuan rumah piala dunia apabila setiap pertandingan slalu ada kerusuhan...! bravo sepak bola indonesia

    ReplyDelete
  2. Iya...Sportifitas meman harus dijaga tapi juga harus dipraktekan di lapangan. Ayo semangat para atlit sepak bola Indonesia, jangan cuman adu jotos dan adu sikut dengan rekan2 satu bangsa.

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar dengan benar, jujur dan sopan