Wednesday, March 4, 2009

ASI DAPAT HILANGKAN STRES BAYI

Air Susu Ibu (ASI) memang benar-benar air susu yang sangat mujarab, selain memberikan nutrisi lengkap dan menambah daya tahan tubuh bayi, serta membantu mempercepat tutunnya berat badan ibu pasca melahirkan. Para peneliti baru saja menemukan manfaat lain dari ASI, yaitu menghilangkan stress pada anak.
Para peneliti di Inggris baru-baru ini telah melakukan penelitian terhadap 9.000 anak berumur antara 5 tahun sampai 10 tahun. Sebagaimana dilaporkan health24, dari penelitian tersebut ditemukan anak-anak yang tidak
mendapatkan ASI memiliki resiko mengalami kecemasan yang berlebihan sebanyak 9,4 kali lebih banyak dari anak-anak lain.Sedangkan anak-anak yang mengkonsumsi ASI dari orang tuanya saat masih bayi hanya memiliki resiko kecemasan yang berlebihan sebanyak 2,2 kali dibanding anak-anak lainnya.
Selain kandungan ASI yang dapat mempengaruhi anak secara hormonal, sentuhan ibu terhadap anaknya saat menyusui, serta kontak mata mereka, ternyata sangat berpengaruh pada psikologis anak dan perkembanggannya.
Saat menyusui secara tidak langsung ibu mengajarkan pada anak bagaimana cara mengatasi tekanan serta masa-masa sulit dan mensuport anak tersebut dengan interaksi-interaksi yang berlangsung selama menyusui.

2 comments:

  1. waw, yang bukan bayi aja stressnya bisa ilang kalo dapet ASI, hehhee...

    ReplyDelete
  2. Wakakakaka bisa aja si Jul ini.

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar dengan benar, jujur dan sopan