Thursday, March 19, 2009

JALAN PINTAS SALAH KAPRAH

Black In News. Mengharapkan berkah nanging malah sengklah. Realita tragis yang terjadi karena kebodohan sendiri. Beberapa pengunjung di acara pencucian gong di blitar terlibat adu jotos, hanya karena ingin mendapatkan air bekas yang telah digunakan untuk mencuci gong yang di yakini sebagai benda keramat.
Dilain tempat, beberapa pengunjung sekaten terinjak-injak, karena saking semangatnya mendapatkan salah satu hasil bumi yang menjadi bahan gunungan sekaten. Dari kedua peristiwa tersebut diatas dapat dilihat ketidak cerdasan masyarakat masih banyak medominasi di sekitar kita. Tragedi yang hampir sama juga terjadi di jombang. Lautan manusia ingin bertemu dengan sang dukun cilik ponari. Karena tidak dapat ditemui, apa saja yang ada disekitar tempat tinggal ponari diambil untuk dibawa pulang, termasuk tanah yang diyakini banyak mengandung berkah. Akal sehat masyarakat kita sudah mati, nilai-nilai agama mulai ditinggalkan demi sebuah keyakinan yang mentah.
Menurut Daniel Maher, seorang psikologi Amerika, keyakinan diri adalah keberanian yang terpendam. Namun jika keyakinan yang mencuat terlalu membabibuta, tanpa mengacu rasionalistis, maka tidak ada artinya.

1 comment:

  1. Jamane wis jaman edan, yen ra edan ora keduman

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar dengan benar, jujur dan sopan