Friday, March 20, 2009

LANGKAH MENUJU HIDUP SEIMBANG

Black In News. Menurut kata orang, untuk mendapatkan hidup seimbang harus menyempatkan diri untuk melakukan relaksasi atau stress release. Sebenarnya tidak cukup hanya dengan cara seperti itu. Paling tidak, ada beberapa langkah yang musti dilakukan, agar hidup benar-benar lebih seimbang. Lakukan kegiatan dengan cara menarik garis pemisah secara tegas antara pekerjaan dan rumah. Menurut ahli psikologi, Jane Adams, "kemampuan anda melakukan pekerjaan dengan baik dikantor tergantung apakah anda memiliki kehidupan pribadi yang dapat menyegarkan anda". Yang artinya adalah bahwa membiarkan masalah pekerjaan tetap berada di kantor jangan dibawa pulang ke rumah. Guna menjaga kompetensi secara profesional, keahlian multitask atau melakukan beberapa pekerjaan sekaligus sangat diperlukan. Namun tanpa sadar kebiasaan ini tetap akan anda bawa pulang ke rumah. Kebiasaan hidup dengan multitask ini membuat tubuh anda letih meski anda tidak merasakannya. Untuk menyeimbangkannya yaitu dengan cara memilih pekerjaan yang bisa anda lakukan pada waktu istirahat, dengan cara tersebut stamina anda tidak akan terforsir. Ada cara lain untuk mendapatkan kehidupan yang seimbang yaitu dengan cara memperluas pergaulan. Dengan hal tesebut anda tidak merasa terkungkung dengan masalah pekerjaan anda di kantor. Lakukan kegiatan bersama seperti yoga atau bergabung dengan kelas seni. Atau jika anda tidak dapat beranjak dari meja, anda dapat mencoba browsing di internet dengan mengunjungi situs-situs yang menawarkan kesempatan untuk bertemu orang-orang baru.
Batasi perbincangan mengenai pekerjaan jika dirasa suntuk berada dikantor. Ambil waktu 10 menit setiap beberapa jam untuk bersantai dan membicarakan topik lain selain pekerjaan.
Jadikanlah rumah sebagai tempat pelarian dari segala kepenatan pekerjaan di kantor, dengan cara melukis, mencoba resep masakan baru, atau melakukan akatifitas lain yang membuat anda senang.

2 comments:

  1. Betul sekali kawan.. jangan sampai pekerjaan memenjarakan kita!

    ReplyDelete
  2. yang penting kalo kerja harus SERSAN alias serius tapi santai, biat kagak stress

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar dengan benar, jujur dan sopan