Thursday, February 19, 2009

"MEROKOK" BIANG PENYAKIT DIABETES

"MEROKOK" BIANG PENYAKIT DIABETES, Mungkin kalimat ini merupakan cara untuk membuang jauh-jauh rokok bagi pecandunya. Merokok banyak diketahui mengakibatkan penyakit kanker paru-paru"sing jelas termasuk kantong kering atau tuku rokok marake kere", serangan jantung dan stroke. Tidak hanya itu saja, merokok juga merupakan pemicu resiko diabetes secara umum.
Menurut penelitian dari Swiss, perokok menghadapi resiko terkena
diabetes golongan 2 sebesar 44% dibandingkan orang yang tidak merokok.
Dr Carole Willi dari University of Lausanne dan rekannya melakukan analisis sebanyak 25 kajian mengenai hubungan merokok dengan diabetes antara tahun 1992 dan 2006, dengan sebanyak 1,2 juta peserta yang di telusuri selama 30 tahun. Mereka mendapati resiko bahkan lebih tinggi bagi perokok berat. Mereka yang menghabiskan sedikitnya 20 batang rokok sehari memiliki resiko terserang diabetes sebesar 62% lebih tinggi dari orang yang tidak merokok.
Sementara orang yang berhenti merokok akan menghadapi resiko terkena diabetes sebesar 23% lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak merokok, lebih jauh rendah dengan yang masih merokok saat ini.
Untuk menghidari atau meminimalis resiko terkena penyakit diabetes adalah dengan cara menghindari merokok dan melakukan perubahan gaya hidup yang kurang sehat dengan cara memantau kesehatan secara ketat dengan melakukan kegiatan fisik secara rutin atau olah raga dan mengatur pola makan yang baik.

4 comments:

  1. komen dulu, baca belakangan :)
    yg aku perhatiin dari td pict-nya itu lho mas, manstaps... hehe...

    ReplyDelete
  2. setuju banget kalau merokok dilarang saja, banyak menimbulkan masalah dan ngga ada manfaatnya, ...

    ReplyDelete
  3. Merokok jangan dilarang bro...kasihan sama para petani tembakau, mereka juga punya anak istri yang membutuhkan biaya hidup.

    ReplyDelete
  4. tidk realistis penjelasannya, kenapa hingga menyebabkan DM?

    ReplyDelete

Silahkan anda berkomentar dengan benar, jujur dan sopan